Tips & Trick

Bagaimana Cara Menarik Perhatian Perusahaan saat Melamar Kerja?

Kartu pra kerja

Urusan melamar kerja memang tak bisa dianggap sepele. Banyak orang yang menganggur lama karena lamaran kerjanya tak kunjung lolos seleksi perusahaan. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya gagasan kartu pra kerja untuk mengatasi jumlah pengangguran yang tinggi. Selain menunggu kemunculan kartu pra kerja, tentu saja Anda yang masih menganggur harus berinisiatif membangun personal branding agar lekas mendapatkan pekerjaan.

Selama ini orang selalu bertanya-tanya. Bagaimana cara terbaik untuk menarik perhatian perusahaan saat melamar kerja?

Membuat Curriculum Vitae (CV) yang Menarik

Kelayakan CV dinilai dari berbagai aspek penting. Salah satunya adalah informasi yang bisa diakses dari CV tersebut. Pastikan bahwa Anda mencantumkan berbagai informasi penting tentang latar belakang pendidikan terakhir dan pengalaman kerja (bila ada). Selain itu, Anda juga patut memperhatikan tampilan CV. Buatlah CV yang rapi tetapi tetap eye catching. Sehingga CV Anda bisa menarik perhatian staf HRD sejak pertama kali melihatnya.

Menunjukkan Kemampuan Lebih di Hadapan Pewawancara

Kemampuan ekstra yang Anda miliki patut dijadikan sebagai nilai tambah saat melamar kerja. Staf HRD atau user harus tahu bahwa Anda memiliki kemampuan ekstra dibandingkan kandidat karyawan lainnya. Anda bisa melampirkan fotokopi sertifikat, menunjukkan kemampuan berbahasa asing, atau melakukan hal lainnya yang berhubungan dengan kemampuan Anda. Sehingga kelebihan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan yang memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Begini Cara Daftar Mudik Gratis dari BUMN

Melakukan Proses Wawancara Kerja secara Lancar

Tak banyak orang yang mampu melalui proses wawancara kerja secara lancar. Dalam proses wawancara kerja, Anda harus berhadapan dengan pewawancara yang tidak Anda kenali kepribadiannya. Anda patut menyesuaikan diri dengan kepribadian sang pewawancara. Misalnya, Anda bisa mengobrol santai dengan pewawancara yang supel. Atau melakukan wawancara secara formal dengan tim pewawancara yang terkesan kaku. Pastikan bahwa Anda mampu menampilkan kesan profesional di hadapan tim pewawancara tersebut.

Jangan Ragu Melakukan Follow Up Lamaran Kerja

Beberapa saat setelah wawancara kerja, Anda bisa melakukan proses follow up secara sopan via email. Gunakan bahasa yang sopan untuk menanyakan kelanjutan proses lamaran kerja Anda. Kemungkinan besar hal tersebut akan langsung ditanggapi oleh perusahaan. Sehingga Anda lekas mendapatkan kejelasan mengenai proses lamaran kerja yang Anda ajukan.

Jangan berkecil hati bila Anda belum mendapatkan pekerjaan setelah beberapa kali melamar kerja. Anda harus tetap berusaha menemukan perusahaan impian yang akan menjadi batu loncatan bagi karier Anda. Jalani proses pencarian kerja sambil terus menyempurnakan kemampuan diri sendiri.

Dapatkan informasi selengkapnya dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/.

Comments (1)

  1. 25 charging traumatic pistols shooting automatic fire! Modified Makarov pistols with a silencer! Combat Glock 17 original or with a silencer! And many other types of firearms without a license, without documents, without problems!
    Detailed video reviews of our products you can see on our website.

    If the site is unavailable or blocked, email us at – Gunrussia@secmail.pro or Gunrussia@elude.in
    And we will send you the address of the backup site!

Comment here