Tips & Trick

Hemat dan Investasi Emas Langkah Awal Merdeka Finansial

Hemat dan Investasi Emas Langkah Awal Merdeka Finansial

Hemat dan investasi emas antam menjadi langkah awal kamu untuk merdeka secara finansial. Banyak yang mendefinisikan merdeka finansial berarti bisa membeli barang apapun yang diinginkan. Sedangkan menurut penulis sendiri, merdeka secara finansial adalah suatu kondisi kita tidak perlu bekerja lagi. Tapi hidup dari investasi yang sudah dipupuk sejak lama, dan utang yang dimiliki hanya utang produktif.

Kartu kredit sangat membantu penggunanya dalam bertransaksi. Namun, jangan tergoda untuk belanja berlebih karena kemudahan transaksi menggunakan kartu kredit. Jika tidak bisa mengatur sifat konsumtif, sebaiknya jangan.

Ubah pola hidup konsumtif

Mengubah pola hidup yang konsumtif atau simpelnya disebut berhemat menjadi langkah pertama yang harus dilakukan. Kamu bisa mulai dari mengubah pikiran mu terhadap “sikap konsumtif” terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa tulis hal apa saja yang menjadi kebutuhan mu. Kategorikan kebutuhan mu menjadi wajib, primer, sekunder, dan nanti aja lah.

Wajib

Suatu kebutuhan yang jika tidak kamu penuhi, kamu tidak bisa mendapat fiturnya atau malah dapat masalah. Misalnya, perpanjang STNK, bayar air dan listrik, dan biaya wajib lainnya.

Primer

Contoh kebutuhan primer itu banyak, diantaranya ada bayar Wi-Fi, internet hp, biaya transportasi baik pribadi (termasuk bensin, oli, dan servis rutin) atau transportasi umum, dll.

Sekunder

Kebutuhan sekunder itu bisa dibilang penting ga penting. Sekunder bisa dipenuhi, jika kebutuhan wajib dna primer sudah terpenuhi terlebih dahulu. Contohnya itu nabung di reksadana atau investasi emas, membership gym.

Nanti aja lah

Nah, kalo kategori “nanti aja lah” sebenarnya hampir bisa dibilang ga penting. Masih tetap hidup meski tanpanya gitu. Kategori nanti aja lah hanya bisa dipenuhi ketika kebutuhan dasar kita sudah terpenuhi terlebih dahulu. Jangan terbalik yaa. Jangan hedon dulu, miskin kemudian gitu. Contoh kebutuhan nanti aja lah itu seperti upgrade atau nambah gadget, jajan starbak pake CC.

Menabung!

Setelah sukses mengubah pola konsumtif, sekarang saatnya menabung. Sudah bisa berhemat berarti bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Bank-bank besar di Indonesia menyediakan rekening khusus untuk menabung. Misalnya rekening TabunganKu dari BCA yang tidak mengenakan biaya admin. Karena hal ini, kamu juga tidak mendapat bunga. Kamu tetap mendapat kartu dan buku. Hanya saja, fitur lain seperti m-banking, transfer antar bank, transaksi dengan EDC tidak bisa dilakukan.

Investasi

Banyak media atau cara untuk berinvestasi. Mulai dari investasi saham, properti, surat berharga, reksadana, dan investasi emas. Untuk kalian yang baru mau memulai investasi, kamu bisa coba reksadana dan investasi emas atau logam mulia.

Hingga pada saat ini, emas masih menjadi pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Harga jual beli emas yang dinilai cenderung stabil dan meningkat, investasi emas masih menjadi pilihan.

https://www.cekaja.com/investasi-logam-mulia/

Comment here