Kartu Kredit

Hindari 4 Kesalahan dalam Pengajuan Kartu Kredit CIMB Niaga

Hindari 4 Kesalahan dalam Pengajuan Kartu Kredit CIMB Niaga

Pengajuan kartu kredit CIMB Niaga Anda pasti tidak asing dengan yang namanya kartu kredit. Bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit dan ingin membuatnya untuk pertama kali dapat dikatakan prosesnya susah-susah gampang. Baik, membuat kartu kredit CIMB Niaga maupun kartu kredit dari bank lainnya, prosesnya hampir tidak jauh berbeda. Meskipun Anda memiliki penghasilan yang telah sesuai persyaratan kartu kredit tidak lantas menjamin pengajuan pasti diterima.

Hal ini dikarenakan bank ingin mengetahui kelayakan nasabah dengan melihat riwayat keuangan nasabah, terutama kinerja kredit mereka, sehingga bank akan lebih memprioritaskan nasabah yang pernah memiliki kartu kredit. Untuk kartu kredit CIMB Niaga dengan jenis classic mensyaratkan nasabahnya minimal berusia 21 tahun dengan penghasilan minimal sejumlah tiga juta rupiah per bulan. Akan tetapi, ada empat hal yang jangan sampai Anda lakukan ketika membuat kartu kredit.

Memalsukan Data Pribadi

Melakukan verivikasi merupakan hal yang penting yang perlu dilakukan oleh bank manapun dalam pembuatan kartu kredit termasuk dalam pembuatan kartu kredit CIMB Niaga. Dalam melakukan verivikasi, pihak bank terlebih dahulu akan meminta Anda mengisi formulir yang berkaitan dengan Anda. Selanjutnya, bank akan meminta kontak saudara yang tidak tinggal serumah dengan Anda yang selanjutnya akan digunakan pihak bank untuk menghubungi saudara Anda tersebut.

Dari sini, banyak kasus nasabah yang menggunakan data teman sebagai pengganti saudara yang tidak serumah dengan alasan tidak mau repot atau alasan lainnya. Permasalahannya adalah jika teman Anda tidak bisa menjawab alamat dan data lain Anda sesuai dengan isi formulir pengajuan yang Anda tuliskan, bank akan menilai data yang Anda berikan tidak valid dan menolak pengajuan kartu kredit.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Penting ini Bila Ingin Traveling bersama Keluarga
Lupa Koordinasi dengan Saudara yang Namanya Dicantumkan

Tidak jauh dengan pembahasan sebelumnya, pastikan Anda benar-benar memberi kontak saudara yang tidak tinggal serumah dengan Anda. Hal ini dikarenakan mengingat kemungkinan ketidakcocokan informasi yang telah dijabarkan di atas yang dapat mengakibatkan data Anda dinilai tidak valid sehingga pengajuan kartu kredit Anda ditolak oleh Bank.

Setelah Anda memberikan kontak saudara Anda tersebut, pastikan Anda mengingatkan saudara Anda mengenai data yang dicantumkan sebagai referensi verifikasi. Jika tidak, meskipun Anda benar-benar memberi kontak saudara Anda, bias saja telepon dari pihak bank terabaikan atau jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan atau berbeda dengan informasi yang Anda cantumkan. 

Memalsukan Slip Gaji

Selain itu, ada pula yang kasus dimana nasabah melakukan pemalsuan slip gaji demi mendapatkan kartu kredit dengan limit yang lebih besar. Padahal, pihak bank dapat mengecek arus kas Anda sehingga pemalsuan data dapat diketahui oleh bank dengan mudah.

Kalaupun Anda tidak ketahuan memalsukan slip gaji, memiliki kartu kredit yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda sama saja Anda mencari masalah. Sebagai contoh, jika penghasila Anda hanya sesuai dengan kartu Silver, namun Anda memalsukan slip gaji Anda demi mendapat kartu kredit Platinum, bisa jadi iuran tahunan yang perlu dibayarkan oleh Anda pun jadi dua kali lipat lebih besar.

Tidak Memperhatikan Persyaratan dengan Baik

Teah disinggung sebelumnya, kartu kredit beberapa jenis yang memiliki persyaratan yang berbeda. Oleh karena itu, pilihlah kartu kredit yang persyaratan sesuai dengan kondisi Anda, mulai dari minimal penghasilan, usia, limit, dan sebagainya.

Pastikan juga Anda telah mengecek apakah kartu kredit yang ingin Anda miliki mewajibkan kepemilikan kartu kredit sebelumnya atau tidak karena ika iya, pengajuan kartu kredit pertama jelas akan ditolak. Selain itu, saat kartu sudah dalam genggaman, pastikan Anda menggunakannya sesuai keperluan. Jangan sampai pengajuan kartu kredit CIMB Niaga justru membawa Anda pada utang berlebihan. Informasi lebih lanjut bisa Anda dapatkan dari https://www.cekaja.com/banks/cimb-niaga/kartu-kredit.

Comment here