Kredit Tanpa Agunan

Tips Ampuh Agar Tidak Kesulitan Melunasi Cicilan KTA 

Tips Ampuh Agar Tidak Kesulitan Melunasi Cicilan KTA

Kebutuhan tak terduga memang sering membuat orang jadi kewalahan. Apalagi bila tidak memiliki dana darurat yang dapat mencukupi kebutuhan tersebut. Namun Anda tak perlu terlalu khawatir karena bisa mengandalkan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kini, proses pinjaman KTA Bank Mandiri untuk karyawan sangat praktis dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jumlah pinjaman KTA Bank Mandiri yang bisa Anda dapatkan berkisar dari lima hingga 200 juta rupiah. Prosesnya pun tak butuh waktu lama. Anda tak akan kesulitan melunasi cicilan KTA bila memahami beberapa tips ampuh berikut ini: 

Tidak Mengajukan Pinjaman yang Bersifat Konsumtif 

Semua orang berhak mengajukan KTA karena syaratnya mudah dan prosesnya singkat. Namun, bukan berarti Anda boleh mengajukan pinjaman bersifat konsumtif, misalnya untuk membeli barang branded dan traveling. Alangkah lebih baik jika Anda mengajukan KTA untuk kebutuhan mendesak misalnya saat ada anggota keluarga yang sakit, mengalami kecelakaan lalu lintas, atau meninggal dunia. Sehingga fungsi pinjaman tersebut benar-benar bermanfaat bagi kebutuhan penting yang mendesak. 

Meminjam Sesuai Kemampuan Pribadi

Sebelum mengajukan KTA, jangan lupa menghitung kondisi finansial pribadi Anda. Jangan sampai nanti cicilan KTA membebani Anda setiap bulan karena nilainya terlalu besar. Idealnya, cicilan KTA tidak boleh melebihi 30% total pendapatan bulanan Anda. Sebaiknya Anda juga tidak sedang memiliki kewajiban cicilan lain saat akan mengajukan KTA. Karena biasanya pihak bank kesulitan menyetujui pengajuan KTA kalau Anda masih harus melunasi cicilan lainnya. 

Selalu Mengingat Tanggal Jatuh Tempo Cicilan

Hal lainnya yang wajib Anda pahami bila akan mengajukan KTA adalah tanggal jatuh temponya. Anda wajib mengingat tanggal jatuh tempo cicilan KTA setiap bulan. Sehingga risiko keterlambatan pembayaran dapat diminimalkan. Biasanya ada denda yang akan dibebankan kepada debitur KTA yang terlambat membayar cicilan. Anda tentu tak mau kan mengeluarkan uang lebih banyak hanya untuk membayar denda cicilan setiap bulan? 

Supaya bisa mengingat tanggal jatuh tempo cicilan secara mudah, buatlah alarm di smartphone atau catatan di buku dan kalender Anda. 

Dapatkan Informasi Mengenai Semua Asuransi

Memilih Tenor Kredit yang Jangka Waktunya Lama

Banyak orang memilih tenor kredit yang jangka waktunya lama agar cicilan per bulannya lebih ringan. Meskipun Anda butuh waktu cukup lama untuk melunasi cicilan KTA, Anda tak akan merasa terbebani setiap bulan. Sebab Anda tinggal menyisihkan sebagian pendapatan untuk KTA. Apalagi kini ada KTA Mandiri dengan sistem auto debit yang akan mempermudah Anda. Nanti, Anda tinggal memasukkan uang cicilan KTA ke rekening yang terintegrasi dengan sistem KTA Mandiri. Maka sistem tersebut akan melakukan auto debit pada tanggal jatuh tempo cicilan setiap bulan. 

Mulai Merintis Bisnis atau Pekerjaan Sampingan

Cara terbaik untuk melunasi cicilan KTA secara lancar adalah menambah pendapatan rutin. Oleh sebab itu, Anda tak perlu ragu merintis bisnis atau pekerjaan sampingan sesuai minat. Pendapatan dari bisnis atau pekerjaan sampingan tersebut bisa disisihkan sebagian untuk membayar cicilan KTA. Dengan demikian, pendapatan utama tetap dapat dialokasikan untuk kebutuhan rumah tangga, tabungan, maupun investasi. Anda juga bisa menyisihkan dana darurat secara teratur walaupun sedang dalam proses melunasi cicilan KTA. 

Sekarang, Anda pasti tak bingung lagi memenuhi berbagai hal-hal mendesak yang butuh biaya besar. Karena ada sistem KTA yang siap mendukung kebutuhan Anda. Jadilah orang yang cerdas mengelola kondisi finansial pribadi supaya tak rentan terlilit cicilan KTA.

Untuk informasi lengkap mengenai KTA Bank Mandiri untuk karyawan, anda dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/banks/mandiri/pinjaman/kta-mandiri

Comment here