Tips & Trick

Tips Sukses Bisnis Sayur Organik

Tips Sukses Bisnis Sayur Organik

Masih ingat dengan nasihat ibu dulu, “Ayo dimakan yaa sayur nya”?. Sayur menjadi makanan penting yang harus masuk ke dalam menu makan mu. Karena, dalam porsi makan kita, harus terdapat vitamin dari buah dan sayuran, karbohidrat dari nasi atau kentang, protein yang bisa didapatkan dari telur atau daging. Kini, banyak orang yang mengubah pola makan mereka dan tidak lupa untuk menambahkan sayur ke dalam menu makannya. Karena banyaknya permintaan akan sayur organik dari penggiat diet, kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menjadi peluang bisnis ini dengan cara mengetahui Tips Sukses Bisnis Sayur Organik di bawah ini.

1. Kuasai cara menanam

Sebelum membeli semua keperluan untuk bisnis sayur organik, kamu perlu mempelajari cara menanam yang baik dan benar. Ada 2 cara mudah untuk menanam sayur organik yaitu:

  • Cara langsung

Cara ini dilakukan untuk tanaman atau sayuran yang berdaun atau merambat. Misalnya seperti sayuran sawi, selada, bayam, dan sebagainya.

  • Cara penyemaian terlebih dahulu

Hanya untuk tanaman berbuah seperti tomat atau terong saja yang bisa menggunakan cara penyemaian. Hal ini dilakukan supaya tanaman bisa tumbuh secara optimal.

Baca juga: Penasaran dengan Cara Bisnis Modal Kecil?
2. Siapkan media tanam

Untuk menanam sayur organik, kamu tidak memerlukan lahan khusus. Cukup dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah mu saja. Pastikan kembali tanah pada media tanam nya subur. Sebagai pendukung, kamu bisa menggunakan pupuk dari kotoran hewan, sekam padi, atau pupuk kompos. Pot hidroponik juga bisa menjadi pilihan media tanam yang lebih sederhana.

3. Rajin merawat

Hama masih menjadi musuh utama bagi sayur organik atau tanaman lainnya. Maka dari itu, kamu perlu melakukan perawatan ekstra supaya sayuran organik kamu tidak diserang hama ulat. Sayur organik, maka obat anti hama nya pun harus organik. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti cabai dan jahe yang sudah dihaluskan dan disemprotkan sayuran organik tadi.

4. Rajin promosi

Mulailah promosi dengan cara yang paling sederhana terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan akun sosial media mu untuk memasarkan sayur organik mu. Atau kamu bisa membuat akun khusus bisnis sayur organik yang nantinya bisa kamu promosikan lagi menggunakan akun utama kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur dari berjualan di marketplace. Langkah kecil promosi lainnya bisa dengan menghubungi satu persatu teman dan keluarga mu dengan whatsapp.

Dapatkan informasi selengkapnya hanya di CekAja.com.

https://www.cekaja.com/info/5-kiat-sukses-bisnis-sayur-organik/

Comment here